Sunday, May 3, 2015

Pengantar Teknologi 4G LTE

Jaringan selular telah berkembang selama bertahun-tahun. Beberapa sistem selular dan jaringan telah dikembangkan dan digunakan di seluruh dunia untuk menyediakan pengguna dengan kualitas dan komunikasi yang handal. Teknologi mobile dari pertama sampai generasi ketiga telah dengan cepat berkembang untuk memenuhi kebutuhan layanan suara, video, dan data.

Dewasa ini, transisi ke smartphone telah mengarahkan minat pengguna ke arah yang lebih berbasis pada mobile aplikasi dan layanan, meningkatkan permintaan lebih pada kapasitas dan bandwidth jaringan. Sementara itu, transisi ini memberikan peluang pendapatan yang signifikan untuk operator jaringan dan penyedia layanan, karena terdapat pendapatan rata-rata jauh lebih tinggi per user (ARPU-Average Revenue Per User) dari penjualan smartphone dan layanan. Sementara pembangunan jaringan radio berjalan dengan cepat, penetrasi smartphone juga meningkat secara eksponensial. Oleh karena itu, operator jaringan perlu memastikan bahwa user experience tetap sama, atau bahkan lebih baik daripada sistem yang sebelumnya.

Dengan meningkatnya permintaan layanan data, hal ini menjadi semakin menantang untuk memenuhi kapasitas data yang dibutuhkan dan efisiensi spektrum. Hal ini menambah lebih banyak permintaan pada operator jaringan, vendor dan penyedia perangkat untuk menerapkan metode dan fitur yang mampu menstabilkan kapasitas sistem, sehingga meningkatkan user experience. Sistem 4G dan fitur-fitur canggih-nya memiliki kemampuan untuk bersaing secara luas pada perangkat mobile-komunikasi, menyediakan berbagai layanan mobile dan kualitas komunikasi yang handal.

Artikel ini menjelaskan teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) untuk sistem mobile; transisi dari generasi ketiga (3G) ke generasi keempat (4G). LTE telah dikembangkan oleh 3GPP (Third Generation Partnership Project), mulai dari versi pertama di Release 8 dan hingga terus ber-evolusi sampai Release 10, versi terbaru dari LTE, juga dikenal sebagai LTE-Advanced. 

Berikut evolusi jaringan selular  dan 3GPP dari waktu ke waktu:


Gambar 1. Evolusi Jaringan Selular


Gambar 2. Evolusi 3GPP

Silahkan baca juga artikel terkait berikut:

Radio Interface LTE
Arsitektur LTE
OFDMA dan SC-FDMA
MIMO-Multiple Input Multiple Output
Physical Layer
MODULASI
Resource Block
LTE RF Measurement
Coverage Planning
Opsi Spektrum Untuk LTE
Kapabilitas User Equipment (UE)
Mobility LTE - Idle Mode
Mobility LTE - Dedicated Mode
Pengukuran Performansi LTE
Pengukuran Performansi LTE - Bagian 2
Pengukuran Performansi LTE - Bagian 3
Deployment Optimization Process
LTE Capacity Monitoring
LTE Capacity Monitoring - Bagian 2
Opini Tentang Teknologi 4G LTE
Perspektif Kemerdekaan pada Teknologi ICT
Physical Layer Part-2
4G LTE REVOLUSI DIGITAL
LTE Quality of Service
Reference Signal
Happy New Year, Happy 4G LTE

1 comment: