Saturday, June 27, 2015

Pengukuran Performansi LTE - Bagian 3

CSFB Preparation Success Rate
CSFB Preparation Success Rate KPI menunjukan persiapan success rate pada CS Fallback dari EUTRAN (LTE) ke inter-RAT Network (3G atau 2G). Berikut ilustrasi terkait CSFB saat idle mode:



Gambar 1. CSFB preparation success rate untuk idel mode

Untuk idle mode CSFB preparation attempt dimulai dari point A setelah eNodeB menerima pesan INNITIAL CONTEXT SETUP REQUEST (with CS Fallback Indicator) dari MME dan menentukan bahwa permintaan di trigger oleh service voice. 

Untuk CSFB dalam kondisi RRC_Connected Mode, CSFB preparation attempt dimulai dari point A setelah eNodeB menerima pesan dari MME yaitu UE CONTEXT MODIFICATION REQUEST (with CS Fallback), dan juga ditrigger oleh service voice. Jumlah yang sukses pada CSFB preparation ada pada point C, dimana eNodeB sukses merespon yaitu pesan UE CONTEXT MODIFICATION RESPONSE untuk permintaan service voice. Berikut ilustrasinya:


Ganbar 2. CSFB preparation success rate untuk dedicated mode

Berikut definisi CSFB Preparation Success Rate :


Tabel 1. Definisi CSFB preparation success rate

Service Integrity
Service integrity KPI menunjukan dampak E-UTRAN pada kualitas layanan yang diberikan kepada user. Service integrity  dapat dihitung untuk sel atau radio network. Service integrity KPI yang sering digunakan adalah Cell Downlink Average Throughput dan Cell Uplink Average Throughput.

Cell Downlink Average Throughput 
Cell downlink average throughput KPI menunjukan rata-rata downlink throughput dalam sel ketika data ditranfer pada arah downlink. Berikut definisi Cell Downlink Average Throughput:


Tabel 2. Definisi Cell downlink average throughput


Cell Uplink Average Throughput 
Cell uplink average throughput KPI menunjukan rata-rata uplink throughput dalam sel ketika data ditranfer pada arah uplink. Berikut definisi Cell Uplink Average Throughput:


Tabel 3. Definisi Cell uplink average throughput

Utilization
Utilization KPI digunakan untuk mengevaluasi kapabilitas, seperti kapabilitas untuk memenuhi kebutuhan trafik dalam kondisi tertentu. Berikut Utilization KPI yang sering digunakan: Resource Block Utilization Rate, Average CPU Load, Radio Network Unavailability Network.

Resource Block Utilization Rate
Resource Block Utilization Rate KPI terdiri dari dua sub-KPI yaitu Uplink Resource Block Utilization Rate dan Downlink Resource Block Utilization Rate. Kedua KPI tersebut menunjukan DL dan UL RB Utilization saat jam-jam sibuk pada sel atau radio network. Berikut definisi RB Utilization Rate:


Tabel 4. Definisi Resource Block (RB) Utilization Rate

Average CPU Load
Averge CPU Load KPI menunjukan penggunaan CPU selama jam sibuk. Berikut definisinya:


Tabel 5. Definisi CPU Load

Radio Network Unavailability 
Radio network unavailability rate KPI menunjukan persentase waktu ketika sel pada radio network unavailable. KPI tersebut digunakan untuk mengevaluasi kerusakan pada performansi network yang disebabkan oleh unavailable cells pada radio network selama jam sibuk. Berikut definisinya:


Tabel 6. Definisi radio network unavailability

5 comments:

  1. Assalamu'alaikum, mau tanya untuk CSSR pada 4G, untuk 4G yang saya ketahui hanya untuk melakukan PS dan tidak bisa melakukan panggilan atau Voice.

    apakah yang dimaksud dengan CSSR itu rasio voIP melalui line, whatsapp atau voice biasa yg dilakukan 2G dan 3G ?

    mohon koreksi nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam mas Rifqi, betul untuk 4G pada prinsipnya didesain utk melakukan PS saja. Sedangkan jika akan melakukan CS harus melakukan proses CSFB (Circuit Switched Fall Back) ke network 3G or 2G. Saat ini masih dikembangkan fitur VoLTE yaitu voice over LTE sebagai panggilan berbasis IP, sama seperti panggilan di Whatsapp atau Line. Pada prinsipnya panggilan tersebut dikategorikan PS. Seperti dijelaskan pada Pengukuran Performansi bagian 1, bahwa komponen CSSR adalah RRC connection, S1Sig connection, dan ERAB connection, dimana semuanya adalah proses akses data atau PS. Jadi yang dimaksud CSSR disini adalah setup untuk akses PS. Sedangkan untuk performansi CS bisa dimonitor dg kPI CSFB Preparation Success Rate. Trimakasih

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum pak saya mau bertanya apakah OFDM,MIMO dan Modulasi bisa mempengaruhi Kapasitas dari jaringan LTE?

    ReplyDelete