Friday, December 11, 2015

4G LTE REVOLUSI DIGITAL



Babak baru teknologi selular baru saja dimulai, orang nomor satu negeri ini baru saja meresmikan peluncuran jaringan mobile broadband 4G LTE secara nasional yang diselenggarakan oleh lima operator seluler. Ditandai dengan tulisan "Revolusi digital merevolusi ekonomi Indonesia" menegaskan kembali bahwa 4G LTE merepresentasikan revolusi digital yang diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada kemajuan perekonomian bangsa.

Tidak seperti pada teknologi pendahulunya, kali ini utk kehadiran 4G LTE dirasa spesial karena diresmikan langsung secara nasional. Mengingat sebelumnya ada event besar yaitu refarming frekuensi 1800 Mhz oleh semua operator. Hal tersebut memberikan nilai strategis sekaligus tantangan buat penyelenggara Teknologi 4G LTE untuk memberikan kontribusi lebih bagi kemajuan perekonomian. Dengan melihat potensi ekonomi yang ada pada penyelenggaraan 4G LTE, rasanya harus dihadapi dengan optimisme tinggi. 4G LTE memiliki keunggulan-keunggulan lebih yang tidak dimiliki teknologi sebelumnya. 

Revolusi digital harus memberikan solusi digital buat para pelaku usaha terutama UKM (Usaha Kecil Menengah). Saat ini ada sekitar 5,6 Juta UKM yang berpotensi masuk ke e-commerce dengan memanfaatkan solusi digital berupa aplikasi e-commerce yang tentunya didukung oleh kecepatan internet 4G LTE. Peluang ekonominya cukup besar yang diyakini bisa mendongkrak perekonomian. Bercermin pada negara-negara yang terlebih dahulu me-launching 4G LTE, mereka sudah merasakan keuntungan secara ekonomi, tidak usah jauh-jauh negara tetangga kita Malaysia dan Singapura telah merasakan manfaat secara ekonomi dengan hadirnya 4G LTE beberapa tahun yang lalu. Semoga hal yang sama bisa diraih oleh negeri ini dengan pemanfaatan sebaik-baiknya teknologi 4G LTE untuk kemajuan perekonomian bangsa, dengan dukungan semua pihak tentunya..


artikel lain:



No comments:

Post a Comment